top of page

Market Research Group

Public·35 members
Yeremey Fomin
Yeremey Fomin

[share] 10 1 Library Codeigniter Yang Sering DiGunakan



Apabila ingin mengembangkan aplikasi PHP baru, pilihlah PHP framework yang sudah punya semua fungsionalitas yang dibutuhkan. Ada banyak framework yang bisa digunakan, dan masing-masing menawarkan metode pengembangan yang unik.




[share] 10 1 Library Codeigniter Yang Sering DiGunakan



Laravel, di sisi lain, terintegrasi dengan library dan platform pihak ketiga, seperti Amazon Web Services (AWS), sehingga Anda dapat membuat aplikasi yang mudah diskalakan. Untuk task yang membutuhkan waktu penyelesaian yang lama (biasanya lebih dari 30 detik), Anda bisa mengurutkannya agar dapat dijalankan secara asynchronously di background. Performa pun dapat ditingkatkan dengan lebih baik.


Di samping kelebihan, juga ada kekurangan. Sebagai contoh, tidak ada jadwal yang tetap dan teratur mengenai update CodeIgniter. Jadi, PHP framework ini tidak kami sarankan untuk digunakan bilamana aplikasi yang Anda kembangkan memiliki standar keamanan tinggi.


Soal modularitas, Symfony adalah opsi terkuat dalam dunia framework. Alih-alih library secara keseluruhan, Anda bisa menggunakan suatu komponen yang diinginkan. Karena itulah, Symfony dinobatkan sebagai framework PHP terbaik bagi para user yang hanya membutuhkan sedikit bantuan.


Berkat metode yang membuat penggunanya mengutamakan komponen yang diperlukan serta sifat framework yang berorientasi pada objek, Anda dapat menggunakan kembali berbagai kode yang telah ditulis sebelumnya. Keunikan ini merupakan kabar baik bagi para developer. Selain itu, platform ini dapat diintegrasikan dengan library eksternal guna mengembangkan fungsionalitasnya.


Tentu saja Zend juga punya kekurangan. Misalnya, platform ini tidak mudah untuk dipahami. Katakanlah platform yang digunakan sebelumnya adalah Laravel, kemudian Anda ingin pindah ke Zend. Tentu proses pemahaman dan penggunaan tool ini bisa dibilang cukup menantang. Anda akan merasakan perbedaannya karena Laravel merupakan framework yang menawarkan kemudahan, bahkan bagi developer pemula. Meski demikian, Zend tetap menjadi framework PHP terbaik bagi mereka yang sudah berpengalaman dan kerap melakukan coding yang berorientasi pada objek.


Sesuai dengan namanya, Phalcon memiliki performa yang baik sehingga dapat memberi hasil yang stabil dan berkualitas. Bahkan software ini juga telah dilengkapi dengan resource yang ringan serta menggunakan arsitektur MVC. Uniknya setelah diinstall, di dalam framework Phalcon hampir sama sekali tidak ada file. Cukup tambahkan module dan library yang dibutuhkan. Dengan begini, proses pengembangan aplikasi web tidak akan berantakan.


CakePHP menawarkan sejumlah library yang menyertakan berbagai komponen berguna (sebagaimana yang harus dimiliki oleh setiap PHP framework). Sepanjang dilakukannya uji coba terhadap bermacam-macam framework, kami mengambil kesimpulan bahwa CakePHP menawarkan salah satu paket komponen terlengkap. Jadi, jika Anda ingin mengembangkan aplikasi atau web yang kaya akan fitur, maka CakePHP wajib masuk dalam list.


Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan, tapi PHP tetap menjadi opsi terbaik jika berurusan dengan scripting di sisi server. Meski sudah menjadi developer profesional sekalipun, tetap saja Anda membutuhkan waktu lama untuk meng-coding semua bagian di aplikasi atau website yang dikembangkan. Untungnya menggunakan salah satu framework PHP terbaik adalah Anda bisa melewati proses dasar dan langsung ke bagian yang penting dalam pengembangan proyek online.


salah satu library yang paling banyak digunakan oleh web developer adalah FPDF, library ini punya banyak fitur seperti bisa membuat posisi text dan gambar berdasarkan koordinat, mengganti font yang akan digunakan, menambahkan garis dan masih banyak lagi.


sekarang kita akan belajar cara membuat laporan PDF dengan codeigniter menggunakan library FPDF ini, silahkan download library nya pada situs resmi FPDF. kemudian silahkan buat sebuah folder baru dengan nama fpdf pada C:\xampp\htdocs\tutorialci\application\third_party\ dan extract file fpdf181.zip ke folder tersebut.


Begitulah cara membuat laporan dalam bentuk PDF dengan bahasa pemograman PHP, sebenarnya masih banyak fitur lain yang bisa anda coba seperti menampilkan gambar, garis dan lainya yang bisa anda pelajari melalui halaman dokumentasi library FPDF.


Pasti anda sudah mengenal apa itu library pada codeigniter karena pada tutorial sebelumnya di malasngoding.com telah saya jelaskan beberapa library codeigniter. kita juga di beri fasilitas oleh codeigniter untuk membuat library kita sendiri di codeigniter. apa kegunaan dari membuat library sendiri di codeigniter ? kegunaan membuat library sendiri di codeigniter adalah terkadang kita banyak menuliskan syntax yang sama secara berulang2. tetapi dengan membuat library kita dapat dengan mudah memanggil function yang sudah kita buat sendiri dalam library yang kita buat. langsung saja perhatikan penjelasan dan contoh berikut ini untuk membuat library sendiri di codeigniter.


Baik, sekarang kita fokus ke tutorial RESTFul API untuk CodeIgniter 4 dulu. Alasan saya memilih CodeIgniter 4 ini salah satunya dari segi kemudahan pengembangan. Kenapa mudah dari segi pengembangan? karena berbeda dengan pendahulunya CodeIgniter versi 3 yang harus menggunakan library tambahan, di CodeIgniter 4 ini terdapat class yang dapat digunakan untuk membuat RESTFul API1, yaitu ResourceController class. Dengan menggunakan ResourceController classs, kita dapat membuat RESTFul API dengan mudah, karena sudah disediakan method untuk masing-masing endpoint, seperti menampilkan semua data, menampilkan satu data, menambahkan data, memperbaharui data dan juga untuk menghapus data. Selain class, kita juga dapat menggunakan routes untuk membuat RESTful route dengan menggunakan satu resource saja, yaitu dengan menggunakan method resource(). Method resource() ini menyediakan lima routes yang biasa digunakan sebagai resource untuk operasi CRUD. Sebagai contoh, kita membuat routes seperti ini:


Sebagai studi kasus, di dalam tutorial ini kita akan membuat RESTFul API dari blog yang sebelumnya sudah kita coba buat di edisi tutorial codeigniter 4 sebelumnya. Skenarionya kurang lebih seperti ini. Katakanlah kita akan membuat aplikasi android yang menampilkan postingan yang diambil dari sebuah blog yang dibangun menggunakan CodeIgniter 4. Selain untuk menampilkan, perlu juga endpoint untuk mengelola data blog, seperti create, update dan delete postingan di blog tersebut.


Salah satu kemudahan ketika membangun RESTFul API CodeIgniter 4 adalah tersedianya class yang dapat kita gunakan untuk membuat RESTFul API, yaitu ResourceController. Selain itu terdapat routes yang dapat menghandle lima routes yang biasa digunakan untuk RESTFul API yang menangani menambahkan data, menampilkan semua maupun satu data, memperbaharui data, dan menghapus data hanya dengan menggunakan satu baris kode.


Tujuan awal eksperimen membuat RESTFul API CodeIgniter 4 ini untuk pengembangan aplikasi android. Namun tidak menutup kemungkinan, RESTFul API di postingan ini bisa digunakan untuk membuat karya yang lain, untuk membuat aplikasi web menggunakan Vue JS misalnya. Selamat mencoba! Semoga belajarnya semakin menyenangkan.. dan sampai jumpa kembali di tutorial CodeIgniter 4 berikutnya.


Pada tutorial CodeIgniter Part 7 : Membuat Form Validation Pada CodeIgniter ini akan di jelaskan tentang membuat form validation pada codeigniter. terkadang kita memerlukan form validation dalam penginputan data, seperti misalnya kita menentukan form apa saja yang wajib di sisi, form dengan format input tertentu, membuat konfirmasi password dan lainnya. untuk membuat form validation pada codeigniter kita perlu memanggil atau membuka library form_validation pada codeigniter. berikut ini adalah cara membuat form validation pada codeigniter.


perhatikan pada controller form.php di atas. pertama kita akan membuat dulu sebuah form pada view yang kita panggil pada method index agar di panggil pertama kali. di sini saya membuat view dengan nama v_form.php. oh ya untuk menggunakan library form validation codeigniter kita harus memanggil library form_validation codeigniter terlebih dahulu. di sini saya memanggilnya pada function construct pada controller form. dapat di perhatikan pada construct() controller form di atas.


untuk selengkapnya tentang membuat form validation pada codeigniter anda dapat membacanya pada user_guide yang sudah di sediakan oleh codeigniter pada project CI anda. _guide/libraries/form_validation.html#the-form


Racode sendiri adalah gabungan dari beberapa library yang pasti sering digunakan oleh developer, kelima library tersebut mewakili proses yang wajib ada didalam sebuah sistem yang dibangun, saya akan jelaskan lebih lengkap ke 5 libray tersebut.


Codeigniter adalah salah satu framework php yang populer di indonesia, saya sendiri sudah jatuh cinta dengan framework ini sejak 3 tahun yang lalu dan sampai saat ini masih sering menggunakan framework ini untuk project yang saya garap.


Proses ini adlaah proses yang pastinya akan anda lewati ketika membangun sebuah sistem, terutama untuk pengolahan data master. nah kita harus berterima kasih kepada mas Hari Prasetyo yang telah membuat Tools CRUD generator yang berjalan framework codeigniter. informasi lengkap mengenai tools ini bisa anda dapatkan melalui situs harviacode.com.


Ini adalah salah satu library codeigniter yang paling populer bagi developer yang menggunakan framework codeigniter. tugasnya adalah mengatur semua proses yang berhubungan dengan Authentifikasi. informasi lengkap tentang library ini bisa anda dapatkan disini.


Siapa yang g kenal dengan template ini? , AdminLTE sudah mendapatkan julukan template sejuta umat yang digunakan untuk keperluan tampilan bagian administrator dari sebuah sistem. saya memodifikasi template ini agar bisa terintegrasi dengan harviacode generator tadi.


Kesimpulan : saya hanya menggabungkan ke 4 library di atas menjadi 1 kesatuan dan memodifikasi agar semunya bisa saling terintegrasi agar bisa digunakan. ucapan terima kasih saya ucapkan kepada pembuat library libray tersebut karna telah membuat code yang membantu kita dalam proses development.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
Group Page: Groups_SingleGroup
bottom of page