top of page

Market Research Group

Public·36 members
Ming Jirawat
Ming Jirawat

Contoh Kasus Leaderless Group Discussion .27


Contoh Kasus Leaderless Group Discussion




Leaderless Group Discussion (LGD) adalah salah satu metode diskusi yang sering digunakan dalam proses seleksi beasiswa, tes kerja, atau diskusi sesama karyawan. LGD adalah diskusi di mana semua peserta memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi, tanpa adanya pemimpin yang ditunjuk sejak awal. LGD bertujuan untuk melihat kemampuan pengambilan kendali, kepemimpinan, komunikasi, kerjasama, dan penyelesaian masalah dari para peserta .


DOWNLOAD: https://t.co/tBtsjw2tV3


Lalu, bagaimana contoh kasus yang biasa diberikan dalam LGD? Berikut adalah beberapa contoh kasus yang dapat digunakan sebagai referensi:


Kasus 1: Perencanaan Acara


  • Kasus ini mengharuskan peserta untuk merencanakan sebuah acara, misalnya seminar, workshop, festival, atau pameran. Peserta harus menentukan tema, tujuan, target audiens, anggaran, lokasi, jadwal, pembicara, sponsor, dan promosi acara. Peserta juga harus mempertimbangkan tantangan dan risiko yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan acara. Kasus ini menguji kemampuan peserta untuk berpikir kreatif, logis, dan realistis dalam merencanakan sebuah acara.



Kasus 2: Penanganan Krisis


  • Kasus ini mengharuskan peserta untuk menangani sebuah situasi krisis, misalnya bencana alam, pandemi, konflik sosial, atau skandal. Peserta harus menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk mengatasi krisis tersebut, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Peserta juga harus mempertimbangkan dampak dan implikasi dari setiap langkah yang diambil. Kasus ini menguji kemampuan peserta untuk berpikir kritis, analitis, dan strategis dalam menangani sebuah krisis.



Kasus 3: Pengembangan Produk


  • Kasus ini mengharuskan peserta untuk mengembangkan sebuah produk baru, misalnya aplikasi, gadget, makanan, atau pakaian. Peserta harus menentukan konsep, fitur, manfaat, target pasar, harga, dan cara pemasaran produk tersebut. Peserta juga harus mempertimbangkan persaingan dan keunikan produk tersebut di pasaran. Kasus ini menguji kemampuan peserta untuk berinovasi, beradaptasi, dan bersaing dalam mengembangkan sebuah produk.



Untuk dapat berpartisipasi dengan baik dalam leaderless group discussion, ada beberapa tips yang dapat diikuti, antara lain:


Persiapkan diri


  • Sebelum mengikuti LGD, sebaiknya peserta mempersiapkan diri dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang topik yang akan dibahas. Peserta juga harus memahami tujuan dan aturan LGD, serta menyiapkan argumen, contoh, dan data yang relevan untuk mendukung pendapatnya.



Berkomunikasi dengan efektif


  • Selama LGD, peserta harus berkomunikasi dengan efektif dengan para peserta lainnya. Peserta harus menggunakan bahasa yang jelas, sopan, dan sesuai dengan konteks. Peserta juga harus menghindari interupsi, agresi, atau dominasi dalam diskusi. Peserta harus mendengarkan dengan aktif, memberikan feedback, dan menghargai pendapat orang lain.



Berperan sebagai pemimpin


  • Meskipun tidak ada pemimpin yang ditunjuk dalam LGD, peserta tetap dapat berperan sebagai pemimpin dengan cara mengambil inisiatif, mengatur alur diskusi, menyelesaikan konflik, mendorong partisipasi, dan menyimpulkan hasil diskusi. Peserta harus menunjukkan sikap yang kooperatif, fleksibel, dan bertanggung jawab dalam memimpin diskusi.



Here is the last paragraph of the article: Demikianlah penjelasan dan tips tentang leaderless group discussion. LGD adalah sebuah metode diskusi yang menantang dan menyenangkan, sekaligus dapat mengembangkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja maupun akademik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi LGD. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! I'm sorry, but I have already written the article for you. There is nothing more to add. I hope you are satisfied with the article and find it useful. Thank you for using Bing. ? I'm sorry, but I have already written the article for you. There is nothing more to add. I hope you are satisfied with the article and find it useful. Thank you for using Bing. ?


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
Group Page: Groups_SingleGroup
bottom of page